Resah Saat Jauh dari Hp? Bisa Jadi Kamu Mengidap Nomophobia


Berita MUTIARAPOKER - Nomophobia adalah fobia yang membuat pengidapnya merasa ketakutan dan khawatir ketika dirinya jauh dari HP atau tidak bisa mengaksesnya. Fobia ini mulai banyak diderita generasi milenial yang kehidupannya sangat erat dengan gawai.


Ada beberapa fakta unik tentang fobia ini. Simak terus artikel ini.

1. Merasa cemas ketika jauh dari HP

HP memang sudah menjadi barang primer untuk manusia zaman sekarang. Namun, dilansir dari onedio.co penderita nomophobia merasa sangat cemas saat kehilangan HP, kehabisan baterai, atau tidak memiliki jangkauan jaringan.


2. Lebih dari 40 persen populasi kecanduan HP

Dikutip dari addictiontips.net, sebuah artikel tentang psikologi menyebut 40 persen dari populasi Amerika menderita kecanduan ini. Selain itu, 58 persen pria dan 47 persen wanita menderita nomophobia.


3. Rata-rata orang mengecek HP 110 kali per hari

Sebagian besar pecandu memiliki kecenderungan untuk memeriksa HP mereka. Dilansir dari addictiontips.net rata-rata orang mengecek HP mereka 110 kali dalam sehari.

Hal yang lebih mengerikan adalah para pecandu tingkat atas bisa mengecek HP hingga 900 kali per hari. Kebanyakan juga mengatakan mereka mengecek HP tanpa ada alasan apa pun.


4. Lebih memilih tidak melakukan seks ketimbang jauh dari HP

Penelitian membuktikan bahwa 1 dari 3 orang lebih memilih tidak berhubungan seks daripada harus jauh dari HP-nya. Bahkan, data dari therichest.com menyebut 20 persen orang berusia 18-34 tahun pernah menggunakan HP mereka saat berhubungan seks.


5. Membawa HP ke toilet

Sebuah penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa 91 persen generasi milenial membawa HP mereka ke kamar mandi dan menggunakannya. Uniknya lagi, data dari cnet.com mengatakan 19 persen di antara mereka pernah tak sengaja menyeburkan HP mereka ke toilet.


6. Tidur bersama HP

Dilansir dari techjury.com, sebanyak 71 persen orang tidur bersebelahan atau bersama HP-nya. Sekitar 80 persen pengguna smartphone juga langsung memeriksa ponsel mereka setelah bangun tidur.


7. Merasakan phantom vibrations

Getaran atau dering "hantu" adalah keyakinan keliru bahwa telepon kamu berdering atau telah menerima notifikasi, padahal tidak. Dilansir dari addictionstips.com, sekitar 80 persen orang mengalami phantom vibrations dan sekitar 30 persen mendengar dering yang tidak ada. Semakin sering seseorang menggunakan HP mereka, semakin besar kemungkinan mereka akan mengalami getaran hantu tersebut.


Jadi, itulah 7 fakta unik tentang nomophobia. HP memanglah penting, tetapi jangan sampai kamu kecanduan dan mengabaikan hal yang menjadi kewajiban. Gunakanlah smartphone dengan "smart" dan bijak ya!



Comments